Minggu, 22 Oktober 2017

Kuliah Lapangan ke Telkom Indonesia ( Sumatera Barat )



PT Telekomunikasi Indonesia merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan Telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia .
Pemegang saham mayoritas Telkom adalah Pemerintahan Republik Indonesia sedangkan sisanya di kuasai  oleh public .
Saham Telkom  di perdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) . New York Stock Exchange
 ( NYSE) . London Stock Exchange (LSE) dan public offering without listing (POWL) di Jepang.


Visi :  
"To Become a Leading Telecommunication,Information,Media Edutainment & services  ( TIMES )       Player in the Region "

Misi :
1. To Provide More For Less TIMES Service
2. To be the Role Mode as the Best Managed Indonesia Corporation


Apa itu IndiHome Fiber?

     IndiHome Fiber merupakan layanan digital terdepan menggunakan teknologi fiber optik yang menawarkan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet Rumah (Fixed Broadband Internet), Telepon Rumah (Fixed Phone) dan TV Interaktif (UseeTV). IndiHome Fiber juga menawarkan layanan Dual Play yang terdiri Internet Fiber (Internet Cepat) dan Telepon Rumah (Fixed Phone) atau Internet Fiber (Internet Cepat) dan TV Interaktif (UseeTV).

Internet Fiber

indihome-fiber-home-desc-icon.png

IndiHome Fiber merupakan layanan digital terdepan menggunakan teknologi fiber optik yang menawarkan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet Rumah (Fixed Broadband Internet), Telepon Rumah (Fixed Phone) dan TV Interaktif (UseeTV). IndiHome Fiber juga menawarkan layanan Dual Play yang terdiri Internet Fiber (Internet Cepat) dan Telepon Rumah (Fixed Phone) atau Internet Fiber (Internet Cepat) dan TV Interaktif (UseeTV).
IndiHome Fiber merupakan layanan digital terdepan menggunakan teknologi optik yang menawarkan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet Rumah (Fixed Broadband Internet), Telepon Rumah (Fixed Phone) dan TV Interaktif (UseeTV). IndiHome Fiber juga menawarkan layanan Dual Play yang terdiri Internet Fiber (Internet Cepat) dan Telepon Rumah (Fixed Phone) atau Internet Fiber (Internet Cepat) dan TV Interaktif (UseeTV).

Telepon Rumah


Telepon Rumah adalah layanan komunikasi telepon dengan keunggulan biaya yang murah dan kualitas suara yang jernih. Paket IndiHome Fiber menawarkan GRATIS menelepon 1000 menit atau setara dengan 17 jam per bulan yang bisa digunakan baik untuk Lokal maupun Interlokal secara leluasa. Telepon rumah yang hemat, kan?

Selain gratis menelepon 1000 menit, IndiHome Fiber juga memiliki layanan telepon tambahan lainnya, yaitu Telepon Mania dan Global Call.



TV Interaktif (UseeTV)

UseeTV merupakan layanan TV interaktif pertama di Indonesia. Selain memberikan tayangan yang berkualitas, UseeTV juga memberikan berbagai macam fitur yang tidak ada di penyedia layanan lainnya, seperti Pause and Rewind, Video on Demand, Video Recording dan lainnya. Lebih asyiknya lagi, Anda dapat memilih channel premium pilihan sepuasnya. Segera berlangganan IndiHome dan nikmati serunya nonton di UseeTV.




Pembahasan ODP dan ODC

1. ODP Pole

     Jenis ODP ini Biasanya diletakkan pada tiang Telkom, untuk di daerah ODP ini sudah ada hampir di seluruh tiang Telkom di Jalan sudah ada juga di beberapa komplek perumahan untuk bentuknya dapat dilihat pada gambar di bawah ini




2. ODP Closure

           ODP Clousure hanya boleh dipasang pada kabel SCPT dan kabel SSW baik pada pertengahan gawang maupun di dekat Tiang. Jenis ODP ini juga sudah banyak di Jalan A. untuk bentuknya dapat dilihat dari gambar berikut



3. ODP Pedestal

       ODP Pedestal ini biasanya dipasang pada permukaan tanah, ODP ini dapat dengan mudah kita temukan di area perkantoran atau perkomplekan.
untuk bentuknya dapat dilihat sebagai berikut



Biasanya ODP ini dilindungi oleh suatu tong yang berwarna hijau, bentuknya sih agak mirip dengan tong sampah. Untuk bagian dalamnya memiliki bentuk yang hampir sama dengan ODP Pole.

Pemasangan Perangkat ODP Jaringan Akses Fiber Optik

          ODP dipasang harus sesuai dengan peruntukannya, ODP Pole hanya boleh dipasang pada tiang, ODP Pedestal dipasang pada permukaan tanah, ODP Wall dipasang pada dinding dan ODP Clousure hanya boleh dipasang pada kabel SCPT dan kabel SSW baik pada pertengahan gawang maupun di dekat Tiang.

Cara pemasangan ODP dengan cara memetik salah satu core dari  kabel distribusi secara urut. Kemudian core tersebut dimaskukan kedalam pasif, pasif yang biasa digunakan pada ODP yaitu pasif 1/8. Sehingga pasif tersebut di split menjadi delapan.


Contoh Terminasi Kabel pada ODP Tiang, Wall dan Pedestal.



Optical Distribution Center adalah suatu perangkat yang berbentuk kotak yang terbuat dari material khusus yang berfungsi sebagai tempat instalasi sambungan jaringan optik dan dilengkapi ruang manajemen fiber dengan kapasitas tertentu pada jaringan akses optik pasif (PON), untuk hubungan telekomunikasi. 

Komponen ODC
  • Cable Tray berfungsi untuk menempatkan hasil sambungan kabel fiber optik dan digunakan dalam konteks manajemen kabel konektor. 

Hasil gambar untuk cable tray odc optic
cable tray
  • Patch Cord merupakan kabel fiber optik dengan panjang tertentu yang sudah dilengkapi dengan konektor di ujung kabel dan digunakan untuk menghubungkan antar perangkat atau ke koneksi telekomunikasi. Kabel ini hanya dipergunakan khusus didalam  ruangan. Patch cord ada yang 1 core ( Simplex ) dan 2 core ( Duplex ), Singlemode dan Multimode, Dan jenis konektor nya pun banyak sekali ada yang bulat dan ada yang agak kotak pokoknya banyak jenisnya.. 




Hasil gambar untuk patch cord fiber optic
Patch Cord

  • Pigtail adalah sepotong kabel yang hanya memiliki satu buah konektor diujungnya, pigtail akan disambungkan dengan kabel fiber yang belum memiliki konektor. Biasanya kabel pigtail di install di OTB (Optical Distribution Box) dan disambung / splicing dengan tarikan kabel Optic yang glondongan (Loose tube cable / Tight buffered cable 

Pigtail




   Foto - foto Ruangan dan Alat Pratek di Telkom Indonesia Padang

 * Ruangan Kerja yang Menggunakan Database Oracle
        


Ruang Kerja untuk Pengaduan Consumers


* Ruang tempat alat - alat Praktek


Alat - alat  Praktek :

1. 


2. 



3. 






   Penutup

            Saya ucapkan terima kasih banyak untuk Bapak Fajril Akbar M.Sc telah membawa kami  Kuliah Lapangan ke Telkom Indonesia ( Sumatera Barat ) dan Terima Kasih juga untuk Telkom Indonesia ( Sumatera Barat ) yang telah memberi kami materi dan pengetaun tentang Telkom.
           Dengan datangnya kami ke Telkom kami jadi tau apa itu TELKOM dan apa aja kegunaan Telkom  untuk Masyarakat ,Negara, Bank  dan Perusahaan  - perusahaan Swasta .  Serta kami juga belajar bagaimana cara orang Telkom untuk memasang jaringan internet ke rumah-rumah consumer dengan menunjukan bagaimana cara menyambungkan kabel-kabel  kaca yang pengantarnya menggunakan cahaya .




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar